9 + 1 Cara Alami Agar Pencernaan Tetap Sehat dan Terhindar dari Gangguan Tips Sederhana Agar Kesehatan Pencernaan Tetap Terjaga

agar pencernaan sehar9 +1 acara alami agar pencernaan sehat adalah kumpulan tips terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan seputar saluran pencernaan. Tujuannya adalah untuk membantu kita semua dapat menjaga pencernaan kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan.

Pengertian Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah serangkaian organ yang berfungsi untuk mengolah makanan dari makanan keras atau lunak menjadi siap diserap tubuh sampai pembuangan sisanya. Organ-orang yang mendukung proses pencernaan adalah mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Masing-masing organ memiliki fungsi dan tugas sendiri-sendiri. Seperti mulut, sebelum makanan masuk lambung, sebaiknya dikunyah dulu sampai lunak dan lembut, sehingga memudahkan/meringankan kerja lambung.  Makanan akan parkir di lambung selama kurang lebih 3 sampai 4 jam untuk beberapa proses peng-enzim-an. Enzim Pepsin, mengubah protein menjadi pepton, Asam Clorida akan membantu mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dan enzim Lipase yang mengubah lipid (lemak) menjadi gliserol.

Sistem Pencernaan Yang Sehat

Sistem pencernaan yang sehat adalah suatu siklus bekerjanya semua organ pencernaan secara normal, organ pencernaan melakukan penyerapan secara sempurna sehingga bisa menghasilkan energi dengan maksimal.

Pencernaan yang sehat akan menunjang kualitas kesehatan seluruh tubuh seseorang. Pencernaan yang sehat sangat dipengaruhi oleh pola makan dan kualitas makanan atau minuman yang masuk ke mulut. Semakin sehat makanan yang masuk kedalam sistem pencernaan maka akan menunjang kesehatan pencernaaan yang ada.

Makanan yang banyak mengandung zat kimia seperti; pewarna, pengawet, pemanis dan pelezat (penambah aroma) akan memperburuk sistem pencernaan. Dalam waktu yang lama akan berakibat negatif terhadap tubuh secara keseluruhan. Gejala awal yang sering terjadi apabila seseorang kebanyakan racun dalam tubuh adalah gampang pusing, sembelit, cepat lelah dan mudah sakit.

Lambung bukan keranjang sampah yang siap menerima makanan apapun dan berapa pun banyaknya. Kita harus bijak dalam mengendalikan dan menjaga kesehatan pencernaan, karena ketika pencernaan sehat akan mendukung kesehatan badan secara keseluruhan.

Berikut adalah 9 + 1 cara yang bisa dilakukan agar pencernaan tetap terjaga kesehatannya:

  1. Minum air putih yang cukup

Air putih yang sehat dan bersih sangat baik untuk pencernaan. Tetapi kenyataanya air minum sekarang banyak yang mengandung kaporit, klorin dan desinfektan. Dalam kadar tertentu ketiga zat tersebut tidak berbahaya, tetapi kalau melebihi ambang batas bisa membahayakan mikroba baik yang ada disaluran pencernaan.

Air putih yang sehat dan menyegarkan adalah air yang berasal dari sumber mata air langsung. Kandungan mineral dan bakteri baik yang ada pada air sumber biasanya masih tetap terjaga.

  1. Rutin mengkonsumsi makanan berserat

makanan sehat berseratMengkonsumsi makanan yang berserat tinggi akan sangat membantu pencernaan tetap dalam kondisi normal. Makanan berserat akan mempermudah saluran pencernaan mencerna dan mengurangi resiko sembelit, susah BAB dan mencegah wasir. Konsumsi serat yang cukup menjadikan berat tubuh tetap ideal. Sumber makanan yang banyak megandung serat adalah sayur, buah dan biji-bijian.

Seperti konsumsi FIFORLIF , yang mengandung ekstrak buah beat merah, goji berry dan puluhan buah lainnya akan sangat membantu Anda mendapatkan asupan serat dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

  1. Makan-makanan yang dapat mencegah peradangan

Konsumsi makan makanan yang dapat mencegeh peradangan (anti inflamasi) baik untuk mencegah maag dan tukak lambung. Sumber makanan itu dapat diperoleh dari kelapa, apukat, pisang, minyak zaitun, dan buah-buahan yang manis rasanya.

  1. Tidak Tergesa-gesa Saat Makan

Tidak tergesa-gesa saat makan artinya kita benar-benar menikmati saat makan. Apabila kita cukup lama mengunyah makanan yang kita makan maka makanan tersebut cukup banyak menyerap enzim yang ada di ludah sehingga meringankan beban lambung untuk memproses lebih lanjut.

ketika Anda mengunyah makanan, lambung akan menerima pesan tentang makanan yang sedang di olah di mulut. Lambung akan mempersiapkan segala kebutuhan (enzim) yang diperlukan untuk memproses makanan.

Nabi Muhammad mengajarkan pada umatnya agar tidak menyuap (meniup makanan yang masih panas), minum dengan 3 tegukan dan mengunyah makanan minimal 32 kali.

Pelajaran yang dapat diambil dari makan makanan yang tidak tergesah-gesa adalah dapat menjaga kesehatan lambung karena meringakankan kerjanya.Kurangi makanan berlemak berat

  1. Mengurangi Makanan berlemak tinggi

Makan makanan berlemak tinggi akan memperlambat proses pencernaan. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk memprosesnya sebelum diserap tubuh. Terlalu sering makan makanan berlemak tinggi tentunya tidak bagus untuk kesehatan, karena rawan kolesterol jahat. Disamping itu juga makanan berlemak rentan membuat perut Anda kram atau sembelit

Sebaiknya konsumsi buah-buahan yang cukup sebelumAnda makan makanan yang berlemak, sehingga kandungan serat yang ada pada buah dapat membantu mempercepat proses pencernaan.

  1. Mendahulukan Makan Buah Sebelum Makan Nasi

30 menit sebelum makan nasi, sebaiknya didahului makan buah (pisang, semangka, melon, apel atau pepaya). Buah-buahan mengandung gula alami dan serat yang cukup untuk memudahkan pencernaan mencerna.

Mengapa makan buahnya harus didahulukan? Tidak seperti biasanya habis makan nasi baru makan buah…! Ahli pencernaan membuktikan bahwa makan buah-buahan lebih dulu sebelum makan nasi akan lebih bermanfaat bagi tubuh karena nutrisi buah akan bisa diserap secara sempurna.

Sedangkan kalau makan buah setelah makan nasi sebagian besar dari nutrisi buah tersebut tidak dapat diserap dengan sempurna karena perut sudah penuh makanan, sehingga menjadi sampah.

Makanan nasi atau roti (mengandung karbohidrat) tinggi akan lebih lama dicerna oleh lambung, ini yang menjadikan efek kenyangnya lebih lama.

  1. Menambahkan Rempah-rempah yang Membantu Kesehatan Pencernaan

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang berfungsi obat bagi tubuh. Rempah-rempah tertentu dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, seperti; bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, jahe, jintan, pepermint dan kayu manis.

Tanaman itu dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan mengusir gas berlebih dalam lambung sehingga mengurangi rasa mual dan kembung. Jintan, ketumbar, jahe, kunyit dan kayu manis dapat merangsang pembentukan tinja lebih lunak dan nyaman saat BAB.

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Beracun

makanan sehatSaat ini memang sangat sulit mengontrol makanan yang masuk ke perut apalagi makanan itu sesuai selera lidah kita. Lebih sulit lagi mengontrol makanan berpotensi racun, misalnya makanan mengandung pengawet berlebihan, buah atau makanan pokok berpestisida, penyedap rasa, boraks, formalin dan BKO (bahan kimia obat).

Ini cara sederhana untuk mengurangi kelebihan racun dalam tubuh yang sumbernya dari makanan, adalah memasak makanan sendiri dengan mengurangi penyedap dan pemanis sintetis, bahan baku makanan sebagian hasil kebun sendiri yang diolah secara organik dan mencuci bersih buah-buahan sebelum di makan.

  1. Olah Raga Teratur dan Tidak Sering Stress

Olah raga teratur akan membantu tubuh melakukan metabolisme secara sempurna. Olah raga secara teratur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengurangi resiko obesitas, karena dengan aktif bergerak akan membakar timbunan lemak dengan sendirinya.

Stress yang berlebihan dan terlalu sering akan berdampak buruk bagi pencernaan. Produksi ezim tertentu akan terganggu suplaynya ke saluran pencernaan. Akibatnya perut sering kram, mulut sering sariawan dan tinja mengeras.

9 tips tersebut diatas mungkin sebagian sudah Anda lakukan, tetapi mungkin rutinitasnya tidak terkontrol sehingga masih sering mengalami gangguan pencernaan. Tidak cukup hanya pengetahuan untuk menerapkan 9 tips ini, tetapi yang lebih penting adalah kemauan yang kuat dan dorongan ingin menjalani hidup sehatlah yang akan membuat jalannya lebih mudah.

1 Hal Yang Juga Sangat Penting Agar Pencernaan Anda Sehat Adalah Konsumsi Makanan Halal

Makanan halal adalah makanan yang diperoleh dari sumber penghasilan yang halal dan jenis makananya juga tidak bertentangan dengan hal yang di larang Agama.

Makanan halal yang kita makan secara psikologis akan menentramkan dan energi yang dihasilkan cenderung untuk mengajak ke aktifitas yang positis. Begitu juga sebaliknya, makanan yang haram akan berdampak buruk bagi kejiwaan seseorang dan mendorong orang untuk berbuat hal-hal yang melanggar.

Semoga bermanfaat, bantu share ya..Thanks

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *