Mengenal Lebih Lengkap Manfaat dan Khasiat Sirsak Tanaman Dengan Sejuta Manfaat

Asal Tanaman Sirsak

SirsakBuah Sirsak atau Nangka Londo, Muris (Jawa), Boh Lona (Aceh), Nangka Buris (Madura), Nangka Walanda (Sunda), Srikaya Jawa (Bali), Durian Belanda (Minangkabau), Durio Ulondro (Nias) dan Jambu Landa (Lampung). Hampir tiap daerah memiliki nama sendiri-sendiri yang unik. Sirsak mempunyai nama latin Annona Muricata L. Habitat aslinya berasal dari daratan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman Sirsak dibawah ke Indonesia oleh Penjajah Belanda pada abad 19. Nama Sirsak yang akrab dengan lidah orang Indonesia sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda Zuurzak yang memiliki arti kantung asam (sirsak sekarang), kemudian menyebar keseluruh wilayah Indonesia.

Cara Tumbuh dan Berkembangbiak

Tanaman Sirsak dapat tumbuh disembarang tempat, tetapi akan tumbuh subur jika ditanam dengan cukup air. Pohon Sirsak memiliki tegakan sekitar 3-9 meter. Sirsak berbuah tidak mengenal musim, jadi hampir setiap hari bisa di jumpai di Pasar atau Toko Buah.

Kebanyakan orang menanam Sirsak untuk diambil buahnya. Tetapi sekarang daun Sirsak ternyata memiliki khasiat luar biasa. Berdasarkan penelitian daun sirsak memiliki sifat anti kanker yang luar biasa. Lebih kuat 10.000 kali lipat dibandingkan kemoterapi.

Pohon sirsak dapat dikembangbiakkan hanya dengan biji. Kita tinggal menyebar biji sirsak di tanah, kemudian tunggu hingga berkecambah, kemudian pindahkan ke kebun yang ingin ditanami. Agar cepat berbuah, pohon sirsak bisa kita perlakukan dengan menempel (okulasi) atau menyambung.

Pohon sirsak bisa ditanam sebagai tanaman tumpang sari di kebun Mangga, Durian atau kebun lainnya karena pohonnya tidak terlalu besar dan tinggi.

Bunga sirsak memiliki kelopak yang tebal, biasanya bisa muncul dibatang atau pucuk. Bakal buah akan mucul jika kelopak terlihat menguning dan jatuh akibat penyerbukan yang dibantu serangga.

Penyakit Yang Mengganggu Buah Sirsak

Buah Sirsak yang masih hijau kecil sering kita jumpai kutu yang berwarna putih. Kutu-kutu ini akan menempel terus sehingga mengganggu pertumbuhan buah. Kutu-kutu ini sengaja dipelihara semut karena semut-semut berkepentingan mengambil madunya. Apabila kutu-kutu ini terus menempel pada buah, maka akan mengakibatkan buah sirsak jadi jelek dan busuk sebelum masak.

Semut-semut yang tidak terkendali juga dapat merusak daun sirsak. Daun-daun baru yang masih kuncup akan di buat rumah-rumah semut sehingga mengganggu pertumbuhannya.

Tanda Sirsak Bisa Di Panen

Ciri buah sirsak siap di panen adalah ketika buahnya sudah kelihatan hijau kekuning-kuningan. Ciri lainnya yaitu duri-duri yang mengelilingi kulit buah sirsak sudah terlihat jaraknya reggang atau kulitnya sudah hijau tua. Saat memetik buah sirsak sebaiknya memakai gunting atau pisau agar batang pohonnya tidak rusak.

Buah sirsak yang masak pohon akan menghasilkan rasa yang berbeda dengan masak ketika sudah di petik (diimbu). Karakteristik buah sirsak berukuran panjang kira-kira 20-3- cm dengan berat kira-kira 2 sampai 2,5 kg per buah.

Daging sirsak berwarnah putih dan biji yang berwarna hitam. Aromanya segar dan harum, menggoda untuk mencicipinya.

Agar terhindar dari binatang pemakan buah, seperti kelelawar (codot), burung kutilang dan trucukan maka sebaiknya buah sirsak yang akan masak di bungkus kertas semen.

Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak bisa di makan langsung selagi masak. Bisa juga dibuat jus, es krim, es manado, selai, sirop dan dodol. Di Filipina, sirsak muda dengan biji yang masih lunak bisa dibuat sayuran. Buah yang tua tapi masih mangkal (mogol) dapat dibuat bahan untuk campuran kue yang lezat.

Kandungan Yang Ada Pada Sirsak

Kandungan Buah

Buah sirsak mengandung gula (glukosa dan fruktosa), vitamin C, B1, B2, Kalium, Fosfor, dan serat. Gula yang terdapat pada buah sirsak mencapai 68 % dari berat buah sirsak. Meskipun rasanya cukup asam, buah sirsak termasuk kategori buah yang mengandung gula yang cukup tinggi. 100 gr daging buah sirsak mengandung vitamin C sebanyak 20 mg dan B1 sebanyak 0,07 mg.

Buah Sirsak mengandung sedikit lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Rasa asam yang ada pada sirsak berasal dari asam malat, asam sitrat dan asam isositrat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Buah sirsak dapat membantu mengobati batu empedu, sembelit. Fosfor dan Kalsium pada sirsak berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat pengeroposan tulang (oestoporosis).

Penderita asam urat cukup diterapi dengan buah sirsak. Makan secara rutin buah sirsak dapat membantu mengobati asam urat.

Kandungan/Khasiat Daun

Khasiat Daun SirsakDaun sirsak bermanfaat sangat luar biasa pengobatan kanker. Kekuatan anti kankernya dapat membunuh sel kanker 10.000 kali lipat di bandingkan kemoterapi. Lebih hebatnya lagi, khasiat daun sirsak tidak merusak sel yang lain sehingga sangat dianjurkan bagi penderita kanker payudara, leukimia dan beragam penyakit kanker lainnya.

Cara membuatnya; ambil 9 lembar daun sirsak, ambil 3 gelas air kemudian rebus di panci stainless atau panci yang terbuat dari tanah hingga airnya tinggal setengahnya. Minum air rebusan dau sirsak pagi dan sore selama 15 hari tanpa berhenti, dengan ijin TUHAN kanker akan sembuh.

Khasiat Biji

Biji sirsak yang cukup banyak pada daging buah mengandung racun yang bermanfaat sebagai insektisida alami (herbisida). Jemur sampai kering kemudian tumbuk hingga halus. Tepung biji sirsak kemudian larutkan dengan air, saring kemudian semprotkan ke tanaman yang kena hama. Hama pasti mati.

Demikian manfaat tanaman sirsak, buah, daun dan bijinya sangat bermanfaat bagi manusia. Silakan share dan beri manfaat pada yang lain. Terimakasih

Tulisan ini diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *