Manfaat Pepaya Yang Perlu Anda Ketahui Buah Murah, Mudah di Dapat dan Banyak Manfaat

Manfaat PepayaPepaya adalah tanaman dengan batang pohonnya lunak karena tidak memiliki kambium dan berbuahnya tidak mengenal musim. Pepaya berasal dari Meksiko dengan nama latin Carica Papaya. Dari Meksiko Pepaya kemudian menyebar ke negara-negara tropis lainya termasuk Indonesia.

Pohon pepaya tidak bercabang, tetapi bila dipotong batangnya akan bercabang lebih dari satu. Tumbuh kembang dari pepaya yang di potong tidak sebaik pohon aslinya. Daun pepaya bertangkai panjang dan tangkainya berlubang dalamnya sehingga mirip paralon kecil. Saat kecil mungkin Anda pernah bermain dan berkreasi dari tangkai pepaya, seperti main gelembung sabun, tulup-tulupan dengan biji jagung dan main pedang-pedangan.

Ada 3 jenis pepaya yang bisa dibedakan secara jelas dengan merujuk pada bunganya. Pepaya Jantan (male papayas), bunganya menjulur panjang dan tidak menghasilkan buah, kalaupun ada buahnya pasti kecil dan tidak enak dimakan. Pepaya Betina (famale papayas), bunganya pendek dan akan menghasilkan buah pepaya yang bulat-bulat kecil. Pepaya sempurna (hermaphrodit papayas), memiliki bunga jantan dan betina, buah yang dihasilkan akan berukuran besar dan rasa buahnya enak.

Manfaat Buah Pepaya

Pepaya Masak

Buah pepaya masak bisa dimakan langsung atau dibuat koktail buah. Buah pepaya mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menormalkan saluran pencernaan. Saat Anda kesulitan buang air besar, jangan buru-buru minum obat tapi makanlah buah pepaya yang sudah masak.

Buah pepaya banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin A pada buah pepaya lebih tinggi kandungannya daripada yang ada pada Wortel. Kandungan vitamin C-nya juga lebih tinggi daripada jeruk. Pepaya juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan vitamin E. Dengan kemajuan teknologi, olahan pepaya dapat dijadikan kosmetik dan sabun yang digemari kaum hawa.

Pepaya Mangkal/Setengah Matang

Bagi Anda penyuka rujak manis atau rujak petis, pepaya mangkal adalah salah satu buah yang enak untuk dijadikan bahan rujak. Rasanya yang manis , lembut dan renyah membuat sajian rujak semakin meriah. Pepaya setengah matang juga bisa dijadikan manisan.

Pepaya Mentah

Buah pepaya yang masih mentah bisa dibuat sayur bening dan sayur tumis pedas. Selain enak dibuat sayur, pepaya mentah juga bisa dijadikan salah satu bahan untuk meracik obat herbal untuk melawan asam urat dan radang sendi.

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya juga banyak manfaatnya lho…. dibuat sayur urap-urap, kulupan dan tumis rasanya memiliki cita rasa tersendiri. Rasa pahitnya bikin semakin enak dan tidak getar.

Selain enak dibuat sayur, daun pepaya bisa digunakan melunakkan daging. Pabila Anda mau masak daging dan ingin dagingnya cepat empuk gunakan daun pepaya untuk campuran masaknya. Caranya begini; potongan daging yang masih segenggaman tangan kemudian bungkus dengan daun pepaya, kemuadian masukkan kedalam panci yang sudah panas airnya. Dengan cara ini daging akan lebih cepat empuk daripada dimasak biasa.

Daun pepaya juga bisa dijadikan ramuan penambah nafsu makan. Jika anak Anda sulit makan coba gunakan resep ini, ambil daun pepaya segar, campur sedikit garam dan air hangat kemudian blender. Setelah lumer (mencair seperti jus) saring dan minumkan pagi dan sore pada anak. InsyaAllah nafsu makan anak normal lagi.

Manfaat Getah Pepaya

Manfaat PepayaGetah pepaya dapat diperoleh dari buah, batang dan daun. Getah pepaya sudah lama dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Dalam ketah pepaya megandung enzim papain yang bersifat anti kanker karena mengandung 50 asam amino. Papain dalam dunia obat-obatan menjadi produk obat yang mahal. Selain itu, getah pepaya juga banyak dijumpai di supermarket yang kegunaannya untuk melunakkan daging.

Manfaat Biji dan Akar Pepaya

Biji peyaya yang sudah kering bisa dijadikan obat cacingan. Caranya, ambil 1 sendok teh biji pepaya kering kemudian tumbuk sampai halus. Campur dengan sedikit air kemudian diminumkan. InsyaAllah cacing dalam perut akan menggelepar.

Obat cacingan bisa diperoleh dari akar pepaya. Cara buatnya adalah ambil segenggam akar pepaya dan 3 siung irisan bawang putih. Rebus sampai mendidih, dinginkan kemudian ambil airnya. Rebusan akar pepaya tersebut dapat dimunimkan pada anak yang menderita cacingan. InsyaAllah cacing akan mati dan keluar saat BAB.

Demikian rangkuman Manfaat dari Pepaya. Di olah dari berbagai sumber buku maupun media online. Semoga bermanfaat

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *