Suwuk, Cara Ampuh Mengobati Berbagai Macam Penyakit Ringan Sebagaimana Rasulullah Mengajari Umatnya Mencari Kesembuhan Terhadap Penyakit

SuwukSuwuk adalah salah satu metode atau cara yang digunakan orang tua terdahulu untuk mengobati penyakit-penyakit ringan anak, kerabat maupun tetangga. Pernah sewaktu kecil penulis mengalami sakit demam dan cacar, alhamdulillah berkat pengobatan suwuk yang dilakukan mbah saya penyakit saya segera sembuh.

Cara pengobatan ini medianya adalah segelas air putih. Air putih yang digunakan tidak sembarang air putih, tetapi air putih yang sudah mendapat perlakuan khusus. Selain itu tentunya air yang digunakan adalah bersih, masak dan  higienis.

Bagaimana Perlakuan Khusus yang Diberikan Pada Air Suwuk

Perlakuan khusus yang diberikan pada air suwuk adalah air yang dituang kedalam gelas kemudian air tersebut dibacakan ayat-ayat Al Qur’an dari jarak dekat (jarak gelas dengan mulut kira-kira 1-2 cm).

Apa Saja Bacaan khusus tersebut

  1. Bacalah Ta’awudz, “‘audzu billahi minas syaitonir rojiim”
  2. Baca Sholawat 3 x
  3. Kemudian berdoa “ Ya Allah, hamba memohon untuk disembuhkan dari……………..(menyebutkan keluhan sakitnya), Hanya Engkaulah tempatku meminta dan tempatku memohon, kabulkanlah ya Allah permohonan kami, Aamiin ya Rabbal ‘Alamin”.
  4. Baca Surat Al Fatihah 3 x atau 7 x
  5. Baca Ayat Kursi 3 x atau 7 x
  6. Baca Surat An Nahl ayat 69, 3 x atau 7 x. Terjemahannya “di dalamnya (minuman) terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikianitu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”
  7. Bacakan surat Al Ikhlas 3 x atau 7 x
  8. Bacakan surat Al Falaq 3 x atau 7 x dan
  9. Bacakan surat An Naas 3 x atau 7x

Setiap selesai membaca surat atau ayat Al Qur’an yang dipilih diatas tiup secara perlahan air yang ada di dalam gelas yang sudah disediakan.  Lakukan cara seperti ini sampai bacaan surat terakhir selesai.

Setelah selesai semua bacaan ayat maupun surat tersebut diatas air minum bisa diminumkan kepada yang sakit. 1 gelas air yang sudah di suwuk tidak harus dihabiskan seketika, bisa digunakan selama sehari atau 3 kali minum (pagi, siang dan malam).

Apakah Sekarang Suwuk Tidak Ampuh Lagi?

Motode pengobatan suwuk tetap ampuh sampai sekarang, bahkan namanya jadi populer dengan sebutan Ruqyah. Ruqyah dan suwuk sampai sekarang masih tetap dilakukan orang, karena menjadi salah satu alternatif untuk mencari kesembuhan terhadap penyakit.

Semakin mahalnya biaya berobat sekarang ini menjadikan pengobatan alternatif diminati banyak orang. Suwuk atau ruqyah juga menjadi salah satu pilihan pengobatan yang banyak digemari masyarakat..

Disamping biayanya murah, tingkat keberhasilan dari metode pengobatan suwuk juga tinggi, karena penyuwuk (orang yang menyuwuk)  meminta atau memohon langsung kepada Allah agar menghilangkan penyakit yang diderita si Fulan.

Faktor-Faktor yang Menguatkan Keberhasilan Suwuk

  1. Keikhlasan si penyuwuk membacakan ayat atau surat-surat yang sebagaimana pernah di praktekkan Rasulullah yaitu bacaan Al-Mu’awwidzat (Surat Al Fatihah, Al Falaq dan An Naas)
  2. Penyuwuk dan yang di suwuk bersungguh-sungguh memohon kepada Allah agar segera disembuhkan dari penyakit yang diderita
  3. Yang di suwuk (penderita) yakin bahwa Allah akan menyembuhkan penyakitnya dengan bantuan dari orang yang menyuwuk

Demikian ulasan tentang Suwuk dan manfaatnya untuk mengobati penyakit, semoga ada guna dan manfaatnya buat pembaca. Terimakasih atas share dan publikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *